Senin, 05 Mei 2014

Pengertian COMODO FIREWALL beserta cara INSTALASI....

COMODO Firewall adalah firewall populer dengan fitur penuh (full version) dan gratis untuk penggunaan pribadi. COMODO Firewall membantu untuk melindungi komputer Anda dari koneksi yang tidak diizinkan ke dan dari Internet. Bab ini dikemas untuk membantu para pengguna pemula dan ahli.

Online Installation Instructions: 
Installing COMODO Firewall
  • Bacalah Petunjuk yang membantu Kata Pengantar.
  • Klik ikon COMODO Firewall dibawah untuk membuka laman personalfirewall.comodo.com/free-download.html
  • Klik tombol mengunduh di bagian 'Download Comodo Firewall for Windows'.
  • Klik ‘Save File’ untuk menyimpan file 'cfw_installer_x86.exe' ke dalam komputer Anda, kemudian klik dobel file 'cfw_installer_x86.exe' untuk menjalankan program instalasi
  • Baca bagian 2.0 How to Install COMODO Firewall sebelum Anda melanjutkan
  • Setelah COMODO Firewall berhasil di instal, Anda boleh menghapus program instalasinya dari komputer
COMODO:

Situs Resmi
www.personalfirewall.comodo.com
Sistem operasi yang diperlukan
  • Windows 2000/XP/2003/Vista
  • Hak administrator untuk instalasi
Versi yang digunakan dalam panduan ini
  • 5.0.16
Lisensi
  • Gratis
Petunjuk yang perlu dibaca:
Level: 1: Pemula, 2: Umum, 3: Menengah, 4: Berpengalaman, 5: Ahli
Waktu yang diperlukan untuk menggunakan alat ini: 60 menit
Apa yang akan Anda dapatkan:
  • Pengetahuan untuk melindungi komputer Anda dan keamanan jaringan dari pihak jahat, penyusup internet, malware, virus dan ancaman lainnya secara efektif dan efisien
  • Pengetahuan untuk mengatur permintaan dari program yang ada di komputer ketika mengakses Internet, dengan antarmuka (interface) perangkat lunak yang mudah di konfigurasi
GNU Linux, Mac OS dan program Microsoft Windows yang kompatibel:
GNU/Linux mempunyai firewall di dalamnya (netfilter/iptables) dan pengaturan keamanan jaringan yang sangat baik. Di dalam firewall linux, terdapat berbagai interface yang mudah digunakan, kami merekomendasikan GUFW (Graphical Uncomplicated Firewall) (see more information).
Mac OS juga mempunyai firewall internal yang kuat dan dapat diandalkan, yang bisa digabungkan dengan tambahan interface lainnya, seperti: NoobProof or IPSecuritas, yang dapat memberikan kapasitas yang lebih. Untuk pengguna dengan keterbatasan finansial, kami menyarankan Little Snitch, untuk memberikan privasi dan kemanan serta perlindungan informasi pribadi yang lebih.
Selain COMODO Firewall, terdapat alternatif lainnya untuk Microsoft Windows. Pengguna dapat menggunakan ZoneAlarm Free Firewall atau Outpost Firewall Free sebagai pengganti yang sama efektifnya.

1.1 Hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan alat ini

Firewall bertugas sebagai penjaga atau pengaman bagi komputer Anda. Ia mempunyai peraturan yang menentukan informasi mana yang boleh masuk dan keluar dari komputer Anda. Firewall adalah program pertama yang menerima dan menganalisa informasi yang masuk dari Internet dan program terakhir yang memperhatikan informasi yg keluar ke internet.
Firewall mencegah pembajak atau penyusup mengakses informasi pribadi yang disimpan di komputer Anda, serta mencegah program malware mengirimkan informasi ke internet tanpa izin dari Anda. COMODO Firewall adalah firewall yang sudah dikenal luas yang merupakan perangkat lunak gratis, artinya Anda tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakannya.
Menggunakan program firewall yang dimodifikasi akan memerlukan waktu dan usaha untuk memastikan semua pengaturan sudah benar dan cocok untuk digunakan di komputer Anda. Setelah periode belajar, firewall akan bekerja dengan sendirinya dan hanya memerlukan sedikit kontrol dari Anda.
Peringatan!: Jangan pernah mengakses Internet tanpa memasang firewall yang berfungsi di komputer Anda. Walaupun modem internet atau router mempunyai firewall sendiri, sangat disarankan Anda mempunyai firewall sendiri di komputer Anda.
Offline Installation Instructions : 
Memasang Comodo Firewall
  • Bacalah bagian Pengantar Petunjuk yang membantu
  • Klik ikon COMODO Firewall dibawah dan *'Open' atau 'Run' installer. Jika perlu, simpan file installer, kemudian klik dua kali file tersebut*.
  • Bacalah instruksi pemasangan (Installation instructions) di bagian berikut sebelum Anda melanjutkan
  • Jika Anda menyimpan installer di komputer Anda, Anda dapat menghapus file tersebut setelah instalasi berhasil dilakukan
Comodo Firewall:

Cara Menginstall COMODO Firewall



2.0 Selintas tentang pemasangan COMODO Firewall

Memasang COMODO Firewall relatif mudah dan cepat, dan terbagi dalam dua langkah: pertama dengan mematikan firewall Windows secara manual, dan yang kedua dengan menginstal COMODO Firewall.
Idealnya, Anda hanya menggunakan satu program firewall untuk sistem komputer Anda. Apabila Anda menggunakan firewall lain di komputer Anda, matikanlah dulu sebelum Anda memasang COMODO Firewall untuk menghidari kemungkinan adanya konflik antar perangkat lunak yang sejenis .

2.1 Cara mematikan Firewall Windows

Untuk mematikan Firewall Windows, silahkan ikuti langkah ini:
Langkah 1. Pilih start > Control Panel > Windows Firewall untuk memunculkan layar Windows Firewall.
Langkah 2. Centang pilihan Off (not recommended) untuk mematikan Windows Firewall seperti yang ditunjukkan Gambar 1 di bawah ini:

Gambar 1. Windows Firewall yang sudah dimatikan
Langkah 3: Klik untuk mematikan firewall Windows.

2.2 Cara menginstal COMODO Firewall

Catatan: COMODO Firewall tidak dengan otomatis mematikan versi lama dari softwarenya. Anda harus mematikannya secara manual sebelum menginstal versi yang terbaru.
Lakukan langkah-langkah berikut untuk memulai instalasi COMODO Firewall :
Langkah 1. Klik dua kali (double click) untuk memulai proses instalasi. Box dialog Open File – Security Warning akan muncul. Selanjutnya , klik untuk memunculkan box dialog konfirmasi seperti ini:

Gambar 2: Dialog box konfirmasi bahasa yang dipilih
Langkah 2. Klik untuk mengaktifkan End User License Agreement. Silahkan baca End User License Agreement sebelum melanjutkan proses instalasi, lalu klik untuk mendapatkan layar Free registration.
Langkah 3: Jangan masukkan alamat email Anda ke dalam kotak teks Enter your email address (optional); klik saja untuk mengaktifkan layar Extracting the Packages.
Setelah proses ekstrak telah selesai, Firewall Setup Destination Folder akan muncul.
Langkah 4: Klik untuk menerima tujuan folder yang telah ditentukan dan menyalakan layar Firewall security level selection, lalu centang pilihan Firewall Only seperti berikut:

Gambar 3: Layar Firewall Security level selection
Definisi dari pilihan tingkat keamanan firewall (Firewall Security level)
Setiap pilihan tingkat keamanan firewall memberikan pelayanan dengan tingkat yang berbeda. Setiap pilihan mempunyai jenis proteksi dengan tingkat kerumitan penggunaan yang berbeda, serta jumlah peringatan keamanan yang akan diterima. Berikut adalah deskripsi singkat dari masing-masing tingkat:
Firewall Only: Pilihan ini akan menjalankan COMODO Firewall tanpa fitur Defense+. Ia akan mengidentifikasi aplikasi populer yang realtif aman seperti web browser dan email klien, mengurangi jumlah peringatan yang akan Anda terima. Mode ini juga memberikan penjelasan umum kenapa layar peringatan tersebut muncul. Tindakan-tindakan yang harus dilakukan tergolong mudah.
Firewall with Optimum Proactive Defense: pilihan ini menggabungkan proteksi solid dari modul Firewall Only dengan fitur Defense+. Defense+ melakukan proteksi aktif terhadap malware yang didesain untuk menghindari firewall-firewall yang berbeda. COMODO Firewall Alerts memberikan penjelasan lebih dalam kenapa firewall memblokir sebuah aplikasi atau perintah dan Anda mempunyai pilihan untuk setengah mengisolasi atau memasukkan program atau file yang mencurigakan ke dalam ‘sandbox’.
Firewall with Maximum Proactive Defense: pilihan ini menggabungkan keamanan Firewall with Optimum Proactive Defense dengan proteksi ‘anti-bocor’ melawan ancaman keamanan yang lebih ‘pasif’, contohnya detail tentang port terbuka di komputer Anda yang dikirim ke internet. Fitur sandbox bekerja dengan otomatis sepenuhnya di pilihan ini.
Langkah 6. Klik untuk mengaktifkan layar COMODO Secure DNS Configuration, dan memberikan pilihan I would like to use COMODO Secure DNS Servers seperti berikut:

Gambar 4: layar COMODO Secure DNS Configuration
Penting: walaupun tidak ada server Domain Name Systems (DNS) yang betul-betul aman, kelebihan menggunakan server COMODO Secure DNS melebihi kekurangannya. Ia menawarkan proteksi tambahan dari pharming dan phishing, yang merupakan metode populer untuk membajak atau menghubungkan komputer Anda ke website yang berbahaya. Server COMODO Secure DNS juga melindungi Anda dari interfensi pemerintah, yang sangat mudah untuk diatur ketika proses instalasi, dan juga memfasilitasi akses yang lebih aman ke websites yang terdaftar di COMODO. Contohnya, kesalahan mengetik URL akan mengaktifkan pesan dari server COMODO Secure DNS seperti dibawah ini:

Gambar 5: Contoh notifikasi dari server COMODO Secure DNS
Langkah 7. Klik untuk mengaktifkan layar Ready to Install COMODO Firewall lalu klik untuk memulai proses penginstalan , dan mendapatkan layar Installing COMODO Firewall. Setelah proses pemasangan berhasi, layar Completed the COMODO Firewall Setup Wizard akan muncul.
Langkah 8. Klik untuk mengaktifkan layar konfirmasi Done, lalu klik untuk mengaktifasi dialog box konfirmasi seperti berikut:

Gambar 6: dialog box konfirmasi Firewall Installer
Langkah 9. Klik untuk restart komputer Anda dan menyelesaikan instalasi COMODO Firewall.
Setelah computer menyala kembali, layar New Private Network Detected! akan muncul seperti berikut:

Gambar 7: layar COMODO Firewall New Private Network Detected!
Tips: apabila Anda bekerja di lingkungan LAN (Local Area Network), silahkan centang pilihan I would like to be fully accessible to other PCs in this network (saya ingin memiliki akses penuh dengan komputer lain dalam jaringan ini) untuk membolehkan file/folder/printer dan/atau koneksi berbagi Internet.
Langkah 10. Ketik sebuah nama di teks field Give a name to this network for your network (beri nama pada jaringan Anda) atau silahkan terima nama yang telah diatur seperti di Gambar 7 diatas. Jangan pilih pilihan yang terdaftar di langkah 2 – Decide if your want to trust the other PCs in this network (Tentukan jika Anda ingin mempercayai komputer lain dalam jaringan ini), lalu klik untuk menyelesaikan instalasi.
Ikon desktop COMODO Firewall dan ikon konektivitas COMODO Firewall akan muncul bersama dengan Gambar 7. Sebelum menghubungkan komputer Anda ke internet, ikon konektivitas akan muncul di System Tray seperti ini:

Gambar 8: Ikon konektivitas COMODO Firewall dikelilingi garis hitam di System Tray
Tersambung ke internet (online) atau membuka program yang terhubung dengan internet (contoh: web browser) akan memunculkan beberapa panah oranye yang menghadap ke bawah dan/atau panah hijau yang menghadap keatas, yang mengindikasikan permintaan koneksi internet ke dalam maupun keluar, seperti gambar di bawah:

Gambar 9:Ikon konektivitas COMODO Firewall aktif
Setelah COMODO Firewall telah berjalan beberapa waktu, pesan pop-up akan muncul dari COMODO Message Center seperti gambar berikut:

Gambar 10: Layar pop-up COMODO Message Center
Catatan: klik hyperlink Learn More untuk diarahkan ke forum COMODO community-based help.
Tips: klik-kanan ikon konektivitas COMODO Firewall di System Tray (seperti Gambar 8) untuk mengaktifkan menu pop-up berikut, dan juga sub-menu yang berhubungan:

Gambar 11: Ikon konfigurasi menu dan sub-menu konektivitas
Ikon konektivitas membolehkan Anda mengganti produk COMODO Firewall yang Anda gunakan. Memilih item Configuration akan mengaktifkan sub-menu ‘Manage My Configurations’ dimana Anda bisa memilih COMODO Proactive Security atau COMODO – Internet Security untuk mengaktifkan fitur sandbox.
Sebagai tambahan, tiap produk mempunyai tingkat keamanan yang disesuaikan dari menu pop-up ikon konektivitas sebagai berikut; tingakat keamanan ini dijelaskan lebih jauh di bagian 4.1 Jendela pengaturan aktifitas Firewall dan 4.2 Jedela pengaturan Defense+**.

Gambar 12: ikon sub-menu konektivitas tingkat keamanan (Firewall Security Level)

Cara Menggunakan COMODO Firewall



3.0 Cara mengizinkan atau memblokir akses menggunakan COMODO Firewall

Firewall adalah program yang didesain untuk melindungi komputer Anda dari pembajak ataupun malware. Keduanya ingin mempunyai akses langsung ke dalam komputer Anda, atau mengirim informasi dari komputer ke pihak ketiga. COMODO Firewall harus di konfigurasi untuk ‘belajar’ atau merekam applikasi yang ‘aman’ dan memberikan akses kepada aplikasi tersebut, ketika memblokir permintaan dari program / aplikasi yang tidak aman dan proses yang mencurigakan terhadap sistem Anda. Mungkin proses ini akan memerlukan beberapa waktu untuk memutuskan mana permintaan yang sah dan yang berupa ancaman.
Setiap kali COMODO Firewall menerima permintaan koneksi, ia akan mengaktifasi Firewall Alert (Peringatan Firewall) untuk memberitahu Anda untuk “allow” (mengizinkan) atau “block” (memblokir) akses terhadap sistem Anda dari dan ke internet. Beberapa kali latihan yang melibatkan program aman seperti Firefox akan membantu Anda untuk menjadi lebih memahami peringatan firewall dan cara menggunakannya. Walaupun terkadang pengecualian akan dibutuhkan untuk permintaan dari browser yang diterima secara universal dan program email, setiap permintaan koneksi akan memunculkan Firewall Alert seperti yang ditunjukkan dibawah ini

Gambar 1: Contoh dari COMODO Firewall Allert (Peringatan firewall COMODO)
Firewall bisa dikatakan sebagai peraturan yang mengawasi lalu lintas program atau file. Setiap kali Anda klik Allow atau Block, COMODO Firewall akan membuat peraturan untuk permintaan untuk proses atau jaringan koneksi program. COMODO Firewall melakukan ini untuk program atau proses yang baru atau program yang tidak dikenal , serta yang terdaftar di daftar Trusted Software Vendors yang berada di jendela Defense+ - Tasks > Computer Security Policy
Remember my answer: Pilihan ini digunakan untuk mengingat jawaban Anda untuk program tertentu yang mengakses COMODO Firewall. Pililhan ini akan secara otomatis mengizinkan atau memblokir permintaan koneksi dari program ketika kali berikutnya program tersebut meminta koneksi ke dalam komputer Anda, tergantung dengan pilihan yang Anda pilih disini.
Penting!: kami sangat menyarankan Anda untuk tidak memilih Remember my answer (Ingat jawaban saya) ketika pertama kali menggunakan COMODO Firewall. Pilihlah mengizinkan atau memblokir permintaan-permintaan koneksi, lalu awasi apakah pilihan Anda memperngaruhi operasi dari sistem Anda. Pilih Remember my answer hanya jika Anda yakin dengan pilihan Anda.
Tips: Teliti dalam membatasi akses ke dalam sistem Anda adalah cara terbaik untuk memastikan keamanan komputer. Jangan ragu untuk memblokir permintaan yang mencurigakan. Apabila hal ini menghentikan program yang normal sehingga tidak berfungsi, Anda dapat mengizinkan proses tersebut untuk bekerja ketika Anda menerima peringatan firewall berikutnya.
Langkah 1. Klik akan memunculkan jendela Properties sehingga Anda bisa mempelajari lebih jauh tentang proses atau program yang meminta akses, dalam hal ini, Firefox:

Gambar 2: Layar Firefox.exe Properties
Langkah 2: Klik untuk menutup layar Properties.
Langkah 3: Apabila Anda melihat suatu permintaan yang tidak aman atau tidak meyakinkan, berdasarkan informasi yang ditunjukkan layar program Properties, klik untuk mengarahkan COMODO Firewall untuk menolak memberikan akses ke sistem Anda.
ATAU:
Apabila Anda melihat program yang sah yang tidak terlihat untuk meminta akses yang tidak mencurigakan, berdasarkan informasi yang ditunjukkan layar program Properties, klik untuk memberikan akses ke sistem Anda.
Langkah 4. Klik untuk membolehkan Firefox mengakses sistem Anda melalui COMODO Firewall.
Langkah 5. Karena Firefox adalah program yang aman, centang pilihan agar COMODO Firewall akan memberikan izin pada Firefox secara otomatis untuk kali berikutnya.
Catatan: Tombol Allow mengizinkan Anda untuk memberikan akses kepada proses atau program setiap dijalankan.
Tips: Klik untuk mengakses file bantuan online COMODO Firewall yang lengkap.
Kemampuan Anda untuk memberikan keputusan akses atau blokir dengan benar akan bertambah baik seiiring dengan bertambahnya rasa percaya diri Anda dan pengalaman Anda menggunakan COMODO Firewall.

3.1 Cara membuka Main User Interface COMODO Firewall

COMODO Firewall akan secara otomatis bekerja ketika Anda telah memasangnya dan telah merestart sistem Anda. Perangkat lunak ini mempunyai panel kontrol yang lengkap dengan fitur dan pilihan yang dapat Anda sesuaikan. Pengguna pemula (Beginner) akan belajar cepat cara berhadapan dengan peringatan keamanan dari COMODO Firewall, sedangkan Pengguna yang berpengalaman (Experienced) dan Ahli (Advanced) akan belajar lebih tentang manajemen dan konfigurasi firewall yang lebih sulit.
Catatan: Semua contoh di bawah ini berbasis pada COMODO Firewall berada dalam mode Optimum Defense. Ini berarti sistem Defense+ host intrusion prevention sedang dijalankan . Apabila Anda telah memasang COMODO Firewall menggunakan pilihan Firewall only, Defense+ tidak akan menyala.
Untuk membuka Main User Interface COMODO Firewall, silahkan lakukan langkah berikut:
Langkah 1. Pilih Start > Programs > COMODO > Firewall > COMODO Firewall.
Catatan: Selain ini, Anda juga bisa meng-klik dua kali ikon desktop atau klik dua kali ikon COMODO Firewall di dalam System Tray untuk membuka main user interface. Sebagai tambahan, Anda juga boleh klik kanan pada ikon COMODO Firewall untuk mengaktifkan menu pop-up, lalu pilih Open seperti berikut:

Gambar 3: ikon menu pop-up konektivitas COMODO Firewall

Gambar 4: User interface COMODO Firewall dalam mode default summary

3.2 Sekilas tentang Main User Interface ‘COMODO Firewal’l

Jendela Firewall menunjukkan ringkasan yang singkat dan jelas dari permintaan masuk dan keluar dari proses dan program yang ingin melewati COMODO Firewall. Seperti biasanya, lebih banyak permintaan keluar daripada permintaan masuk. Mode operasi yang sudah teratur adalah Safe Mode, dan mode operasi yang lain akan disebutkan nanti di bagian ini. Traffic menunjukkan bermacam proses dan program yang sedang dalam operasi, dan persentase jumlah dari permintaan yang dibuat.
Klik untuk mengaktifkan ringkasan dari permintaan keluar at a given moment (saat ini juga) yang detil seperti berikut:

Gambar 5: Contoh dari jendela Active connections menunjukkan detail lalu lintas internet
Klik untuk mengaktifkan jendela Active connections untuk permintaan masuk at a given moment.
Tips: Klik untuk memberhentikan semua permintaan masuk dan keluar, apabila layanan internet Anda tiba-tiba melambat, Anda boleh mencurigai adanya proses atau program merusak yang sedang mengunduh dirinya sendiri ke dalam sistem Anda. Dengan melakukan ini, mode operasi Firewall akan berubah menjadi . Silahkan lihat kembali detail ringkasan dari jendela Active Connection untuk mengidentifikasi potensi sumber masalah.
Setelah Anda yakin bahwa semua masalah telah teratasi, klik untuk memulai proses permintaan masuk dan keluar ke COMODO Firewall dan kembali ke seperti biasanya.

3.2.1 Ikon Status COMODO Firewall dan Defense+

Ketika COMODO Firewall dan Defense+ sedang berjalan bersamaan, indikasi pada sebelah kiri main user interface akan muncul seperti berikut:

Gambar 6: Ikon status COMODO Firewall
Apabila salah satu program tidak dijalankan, ikon status akan mengindikasikan apakah firewall atau komponen proteksi proaktif tidak dijalankan seperti berikut:

Gambar 7: Ikon status COMODO Firewall tidak dijalankan yang berwarna kuning
Akan tetapi, apabila kedua program tidak dijalankan, ikon status akan muncul seperti ini:

Gambar 8: Ikon status proteksi ganda COMODO Firewall tidak dijalankan yang berwarna kuning
Dalam situasi yang mana pun, klik untuk menjalankan proteksi yang berhubungan.

Konfigurasi Lebih Lanjut dan Pengaturan



4.0 Cara mengakses jendela Firewall dan Defense+

Main user interface dari COMODO Firewall dibagi menjadi dua jendela, jendela Firewall dan jendela Defense+.

Gambar 1: Main user interface COMODO Firewall menunjukkan kedua jendela, Firewall dan Defense+
Jendela Pengaturan aktifitas firewall dan Defense+ dapat diakses dengan meng-klik di masing-masing jendela untuk mengatifkan jendela-jendela yang diperlukan beserta tab-tabnya.
Atau, Anda juga dapat mengakses salah satu jendela dengan melakukan langkah berikut:
Langkah 1. Buka Main User interface dari COMODO Firewall.
Langkah 2. Klik salah satu untuk mendapatkan jendela
OR
to activate the Firewall Tasks ATAU Defense+ Tasks panes respectively.
Langkah 3. Klik antara
ATAU
untuk mengaktifkan tab dari Firewall Behaviour Settings atau Defense+ Settings.
Tips: Firewall Security Level, Defense+ Security Level dan Sandbox Security Level yang akan dijelaskan di bagian berikut ini, dapat diatur dengan mudah menggunakan ikon konektifitas COMODO Firewall yang terdapat di System Tray. Klik kanan pada ikon konektivitas untuk mendapatkan menu pop-up dan sub-menu seperti ini:

Gambar 2: Menu pop-up untuk ikon konektivitas dan sub-menu untuk Firewall Security Level

4.1 Jendela pengaturan aktifitas Firewall

Jendela Firewall Behaviour Settings (Pengaturan aktifitas Firewall) membuat Anda dapat menyesuaikan keamanan firewall dengan menggunakan beramacam-macam fitur dan pilihan, termasuk tingkat keamanan firewall, jumlah dan tipe peringatan keamanan yang diterima dan paket analisis dan monitor.

Gambar 3: Jendela aktifitas firewall – tab pengaturan umum
Di tab pengaturan umum (General Settings), Anda dapat menentukan tingkat keamanan yang Anda inginkan untuk COMODO Firewall Gunakan penggeser (slider) untuk mengatur tingkat keamanan dari beberapa pilihan berikut:
Block All: Mode ini memberhentikan seluruh trafik yang berhubungan dengan internet dan tidak mengindahkan konfiguras firewall apapun dan aturan yang telah Anda buat. Mode ini tidak akan mengikuti aturan yang dibuat untuk aplikasi-aplikasi, maupun merekam atau ‘mempelajari’ aktifitas dari aplikasi-aplikasi.
Custom Policy: Mode ini hanya menggunakan peraturan keamanan dan trafik jaringan yang Anda sudah pernah masukkan di jendela Firewall tasks > Network Security Policy dan Defense+ Tasks > Computer Security Policy.
Safe Mode: Mode ini merupakan pengaturan otomatis untuk COMODO Firewall, termasuk pemasangan Optimum Proactive Defense dan Maximum Proactive Defense.
Tips: COMODO Firewall mengatur sebuah daftar internal aplikasi yang sering digunakan dan file yang dinilai aman, sehingga tidak mengeluarkan peringatan pop-up untuk mereka.
Peringatan: Training mode dan Disabled Mode tidak disarankan karena mereka dapat mengancam tingkat efektifitas dari COMODO Firewall dan mengekspos sistem Anda terhadap ancaman infeksi.

4.2 Jendela pengaturan Defense+

Catatan: Fitur dan pilihan yang dijelaskan di bagian ini lebih diperuntukkan untuk Pengguna yang sudah ahli karena memerlukan pengetahuan yang cukup tentang firewall dan isu-isu mengenai keamanan.
Penting: Apabila Anda mencentang pilihan Firewall with Optimum Proactive Defense atau Firewall with Maximum Proactive Defense selama proses instalasi COMODO Firewall, sistem host intrusion prevention akan secara otomatis diaktifkan . Namun, apabila Anda memilih Firewall Only, sistem Defense+ masih bisa untuk diaktifkan secara manual. Pilihan Defense+ harus diaktifkan agar fitur-fitur yang diperlukan bisa bekerja.
COMODO Firewall Defense+ adalah sistem pencegahan intruksi host. Komputer yang terhubung ke sebuah jaringan (network) bisa dikatakan sebagai komputer host. Sistem Defense+ akan terus mengawasi aktifitas semua executable file yang ada di komputer Anda. Executable file adalah aplikasi atau program, atau bagian dari program, yang biasanya (namun tidak selalu), dilihat dari file ekstensinya adalah sebagai berikut: .bat, .exe, .dll, .sys, dll.
Defense+ mengeluarkan peringatan pop-up setiap file executable yang tidak diketahui mencoba untuk aktif , dan menanyakan Anda untuk membiarkan atau memblokir file tersebut. Hal ini bisa dikatakan penting ketika Anda berada di situasi dimana sebuah malware ingin memasang aplikasi atau program untuk merusak informasi pribadi Anda, menata ulang hard disk atau membajak komputer Anda, dan menggunakan komputer Anda untuk menyebarkan malware atau spam – tanpa seizin Anda.

4.2.1 Pengaturan Defense+ - tab pengaturan umum

Untuk menyalakan sistem Defense+ dan mengaktifkan window pengaturan Defense+ secara manual, ikuti langkah berikut:
Langkah 1. Klik tab Defense+ di main user interface COMODO Firewall lalu klik untuk mengaktifkan layar berikut:

Gambar 6: The Defense+ window displaying the default General Settings tab
Langkah 2. Pindahkan the slider up the scale to Safe Mode lalu klik untuk mengaktifkan sistem Defense+ seperti di Gambar 6.
Pilihan di Defense+ Security Level sangat mirip dengan Firewall Behaviour Security Level, dan Anda dapat menggunakan slider untuk memilih tingkat yang optimal untuk proteksi sistem Anda.
Paranoid Mode: Mode ini memberikan tingkat keamanan yang paling tinggi dan mengawasi segala executable file selain dari file yang Anda kategorikan sebagai aman dan juga yang terdaftar di Trusted Software Vendor. Mode ini mempunyai jumlah peringatan keamanan yang paling tinggi dan aktifitas sistem disaring melalui pengaturan konfigurasi Anda.
Safe Mode: Mode ini akan secara otomotis ‘mempelajari’ aktifitas dari berbagai aplikasi yang dapat dieksekusi bersamaan dengan mengawasi sistem aktifitas yang penting. Setiap aplikasi yang tidak memiliki sertifikat akan menimbulkan peringatan keamanan (Security Alert) ketika aplikasi ini berjalan. Mode ini adalah mode yang paling sering dianjurkan untuk mayoritas pengguna.
  • Pilihan Block all unknown request if the application is closed akan secara otomatis memblokir semua permintaan dari aplikasi dan program yang tidak diketahui, dan yang tidak Anda sebutkan di Kebijakan keamanan komputer (Computer Security Policy).
  • Pilihan Matikan Defense+ secara permanen (memerlukan restart sistem) (Deactivate the Defense+ permantently (Requires a system restart) membolehkan Anda untuk secara manual mematikan sistem Defense+ host intrusion prevention. Pilihan ini tidak dianjurkan.

4.2.2 Pengaturan Defense+ - tab pengaturan ‘Execution Control’

Tab pengaturan Execution Control membatasi seberapa jauh file yang mencurigakan dapat mengakses sistem sumber Anda, kemudian menyerahkan file tersebut untuk analisis

Gambar 7: Tab pengaturan Defense+ Execution Control
Tips: Pengguna yang sudah ahli boleh membuat pengecualian untuk tindakan-tindakan yang telah dikatakan dengan meng-klik untuk mengaktifkan jendela Exclusions, dan mencari atau memilih proses yang berbeda atau program untuk pengecualian.
Catatan: Pengguna yang berpengalaman serta ahli sangat disarankan untuk meng-klik Untuk mengakses bantuan online COMODO tentang tab pengaturan Execution Control, Sandbox Settings dan Monitoring Settings. Selain itu, Anda juga dapat membuka http://help.comodo.com/topic-72-1-155-1074-Introduction-to-Comodo-Internet-Security.html untuk memilih dari daftar topik bantuan online.

3 komentar:

  1. bermanfaat sekali gan artikelnya...heheheheh

    BalasHapus
  2. Pengertian Comodo Firewall Beserta Cara Instalasi.... ~ This Blog Contains Information About Technology,And Many More >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Comodo Firewall Beserta Cara Instalasi.... ~ This Blog Contains Information About Technology,And Many More >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Comodo Firewall Beserta Cara Instalasi.... ~ This Blog Contains Information About Technology,And Many More >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus